IBX592EBB4330670 Tips Membeli Mainan Untuk Anak Yang Benar dan Efektif
  • Home
  • Tips Membeli Mainan Untuk Anak Yang Benar dan Efektif

    Bermain adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian anak-anak, hal tersebut tak lepas dari pemikiran anak-anak yang masih begitu polos, lugu, menyukai hal yang menyenangkan dan memiliki sudut pandang yang positif tentang hidup ini, sehingga dalam menjalani kesehariannya anak selalu riang, gembira dan bebas mengekspresikan perasaanya tanpa beban berarti.

    Dalam mengekspresikan kecendrungan yang suka bermain, seorang anak biasanya menghabiskan waktu dengan bermain bersama teman-temannya atau bermain sendiri menggunakan mainan yang dibelikan oleh orangtuanya. Anda bisa memilih mainan monster hunter.

    Aktivitas bermain  selain bisa membuat anak menjadi riang gembira, juga memiliki banyak manfaat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak misalnya saja, mengajarkan anak bersosialisasi dengan teman sejawatnya, menghilangkan stress anak, merangsang sensorik dan motorik anak, membuat anak menjadi aktif dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

    Sehingga orang tua sebaiknya jangan terlalu menekan apalagi melarang anak untuk bermain karena bermain merupakan fase dalam proses tumbuh kembang anak, namun tugas orangtua adalah memilih dan memilah jenis mainan yang bisa bernilai edukatif sekaligus bisa membuat anak menjadi lebih ceria dan riang gembira.

    Dalam membelikan anak sebaiknya tidak asal-asalan, setidaknya beberapa hal yang mesti menjadi bahan pertimbangan, agar mainan yang dibelikan untuk anak, sesuai dan tepat untuk anak. Apa saja tips sebelum membelikan mainan untuk anak? berikut beberapa hal yang mesti anda perhatikan sebelum membeli mainan untuk anak.

    Tips Membeli Mainan Untuk Anak Yang Benar dan Efektif

    Tips Membeli Mainan Untuk Anak Yang Benar dan Efektif

    Sesuaikan dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan anak (Usia anak)

    Tips pertama sebelum membeli mainan untuk anak agar mainan tersebut memberi efek positif bagi anak adalah  dengan mencari informasi tentang mainan yang cocok dan dan tepat pada usia/tahap perkembangan anak.

    Seperti yang kita ketahui pola tingkah laku anak yang berusia belum cukup satu tahun berbeda dengan tingkah laku anak yang sudah berusia 2 tahun, 3 tahun dan seterusnya. Jadi sangat bijak untuk jika mainan yang dibelikan untuk anak anda tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi anak anda saat itu.


    Mainan yang bisa membuat anak lebih aktif

    Keaktifan cukup berpengaruh pada sensorik dan motirik anak, selain itu anak yang aktif akan lebih maksimal dalam proses tumbuh kembangnya. Sehingga dalam membeli mainan untuk anak anda, sebaiknya pilih jenis mainan yang bisa membuat anak anda menjadi lebih aktif baik dalam bergerak dan berpikir.

    Misalnya saja mainan mobil-mobilan, yang ketika dimainkan membuat anak bisa aktif bergerak, berjalan, berlari, atau bisa juga balon yang bisa dimainkan anak sambil dipukul, lompat sehingga anak bisa menjadi lebih aktif. Setidaknya ada banyak jenis mainan yang bisa membuat anak anda menjadi  lebih aktif, baik aktif dari segi fisik dan berpikir.


    Sesuaikan dengan gender anak (jenis kelamin anak)

    Hal yang sudah umum diketahui bahwa kecendrungan mainan yang disukai oleh anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Biasanya anak perempuan suka mainan seperti boneka, mainan memasak-masak, dan pernak-pernik yang lebih cenderung wanita maka lain halnya dengan anak laki-laki, anak laki-laki biasanya suka mainan seperti bola, sepatu roda, mobil control dan lain-lain.

    Intinya adalah dalam membeli mainan sebaiknya juga mempertimbangkan aspek gender anak anda, karena dengan memainkan mainan yang sesuai dengan gendernya, karakter anak semakin terbentuk sejak dini.


    Hindarkan mainan yang berbahaya/tidak aman bagi anak

    Apakah ada mainan yang berbahaya bagi anak/tidak aman bagi anak? yang pastinya banyak, misalnya saja beberapa mainan memiliki bahan dasar yang mengandung zat kimia sehingga berbahaya bagi anak. Apalagi jika anak anda memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik maka akan sangat rentang terpengaruh efek negatif yang bisa berakibat pada terganggunya kesehatan anak.

    Selain itu mainan yang mudah tertelan juga sebaiknya dihindari, sering bukan kita melihat anak yang memasukan mainan dalam mulutnya dan lain sebagainya, apalagi jika anak tidak selalu dalam pengawasan anda ketika sedang bermain maka beresiko mainan tersebut bisa tertelan anak. Jadi alangkagh bijaknya jika aspek ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi anda sebelum membeli mainan untuk anak anda

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Tips Membeli Mainan Untuk Anak Yang Benar dan Efektif